3,4 Juta Wisatawan Datang, Tanah Lot Raup Rp147 Miliar

3,4 Juta Wisatawan Datang, Tanah Lot Raup Rp147 Miliar

Bali merupakan destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Ada banyak obyek wisata yang menawarkan keindahan alam yang mempesona, salah satunya adalah Tanah Lot. Salah satu obyek wisata favorit di Bali ini terdiri dari dua pura yang berada di atas batu besar. Pura di Tanah Lot merupakan bagian dar pura Dang Kahyangan.

Pura Tanah Lot juga dikenal sebagai pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Keindahan Tanah Lot sangat menarik wisatawan, khususnya untuk menikmati sunset.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, pada tahun 2017 obyek wisata Tanah Lot dikunjungi 3,4 wisatawan. Dengan jumlah tersebut menghasilkan pemasukan sebesar Rp147 miliar. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan pemsukan sebesar Rp89 miliar.

Kenaikan harga tiket masuk pada tahun lalu menjadi salah satu alasan pendapatan naik, mencapai 64,77%. Kunjungan wisatawan ke Tanah Lot tersebut sudah melampaui target hingga 24%.

Menurut Manajer Operasional Tanah Lot, Toya Adnyana apabila kawasan Tanah Lot dikembangkan maka akan mempengaruhi kunjungan wisatawan. Kawasan Tanah Lot yang dapat dilakukan pengembangan antara lain kawasan barat, pementesan kesenian daerah, dan penambahan area kuliner.

Adynyana menambahkan bahwa untuk tantangan ke depan, infrastruktur di daerah Tanah Lot perlu diperbaiki. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi peningkatan pariwsiata Bali adalah peruabahan cuaca yang ekstrem. Meski demikian, pada tahun 2018 ini ditargetkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara daat naik hingga 7%.

Hal tersebut juga diungkapkan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Menurutnya, ada banyak kawasan yang perlu pembenahan, seperti penataan pasar seni menjadi lebih baik. Kemudian e-ticketing dan asuransi pengunjung juga harus segera direalisasikan.

Menurut Wiryastuti, wisata Tanah Lot sangat membantu pendapatan kabupaten Tabanan. Untuk itu, pihaknya ingin pemda bekerja sama dengan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan Tanah Lot.

Dia juga berpesan bahwa Festival Tanah Lot dapat menarik wisatawan dari bergai daerah di Indonesia maupun para wisatawan mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *