PLTA Kayan dan Bendungannya Siap Dibangun, Ini Potensi Wisata di Sekitarnya

PLTA Kayan dan Bendungannya Siap Dibangun, Ini Potensi Wisata di Sekitarnya

PLTA Kayan tidak hanya menyuplai kebutuhan listrik saja, namun juga berpotensi jadi tempat wisata. Adanya tempat wisata dapat menaikkan pendapatan masyarakat.

Akhir tahun 2019, PT Kayan Hydro Energy akan menahkodai pembangunan PLTA Kayan yang ada di Bulungan, Kalimantan Utara. PLTA ini diperkirakan mampu menghasilkan listrik sebesar 9.000 MW. Besarnya kapasitas listrik PLTA Kayan mengantarkannya sebagai PLTA terbesar di Indonesia.

Tak hanya pemasok energi, PLTA Kayan mampu menumbuhkan potensi wisata

Waduk dan PLTA yang dibangun di Bulungan tidak semata-mata sebagai sumber energi saja, namun memiliki dampak positif lain. Salah satu dampaknya adalah muncul potensi wisata di sekitar waduk. Ada beberapa jenis wisata yang bisa dibangun di sekitar waduk dan PLTA. Beberapa potensi tersebut sebagai berikut.

  1. Taman

Waduk sering dijadikan sebagai pusat rekreasi oleh warga sekitar. Di beberapa wilayah, waduk juga kerap dimanfaatkan untuk rekreasi, salah satunya adalah dengan adanya taman di sekitar waduk. Pengelola waduk dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar waduk dengan membangun taman. Bentuk dan konsep taman sendiri bisa bervariatif. Mulai dari taman bunga, taman bermain anak, dan masih banyak lagi. Yang jelas, taman harus bersih, asri, indah, aman, dan fasilitasnya harus lengkap.

  1. Wahana Foto Instagram

Potensi wisata lain di sekitar Waduk Sungai Kayan adalah wahan foto. Wahana jenis ini sangat digemari oleh anak muda. Dengan membangun wahana yang instagramable, Waduk Sungai Kayan bisa dipastikan ramai oleh anak muda. Wahana foto instagram tidak harus berteknologi tinggi, namun harus unik dan menarik.

  1. Keliling Waduk

Salah satu daya tarik waduk yang banyak menyedot wisatawan adalah berperahu di sekitar waduk. Banyak waduk di beberapa wilayah di Indonesia membuat wahana perahu di waduk. Mulai dari perahu motor, perahu dayung, hingga perahu kayuh. Untuk mengadakan wahana ini, pengelola harus memastikan keamanan pengunjung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Wisata Kuliner

Wisata ini jadi wisata wajib ada di setiap tempat wisata. Bahkan jika Waduk Kayan telah dibangun, wisata kuliner bisa diadakan. Untuk masalah konsep, pengelola dapat membuat wisata kuliner apung atau darat. Masing-masing memiliki daya tarik yang besar.

Contoh wisata kuliner apung yang dapat dibangun di sekitar waduk dan PLTA Kayan (baligetaway.co.id)

  1. Wisata Edukasi

Wisata edukasi juga jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengelola PLTA Kayan dapat membangun atau mengadakan semacam tour bagi siswa dan mahasiswa ke dalam PLTA. Tujuan uatama wisata edukasi di PLTA adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai teknologi dan cara kerja PLTA. Pengelola dapat membuat berbagai tawaran menarik terkait wisata edukasi Kayan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *