SOP Pembuangan Limbah B3 di Celukan Bawang

SOP Pembuangan Limbah B3 di Celukan Bawang

Batubara merupakan sumber energi yang bermanfaat untuk kehidupan. Selain sumbernya yang melimpah ruah di bumi Indonesia, batubara memiliki harga yang relatif murah dan stabil.

Oleh sebab itu, batubara banyak digunakan sebagai sumber energi listrik oleh beberapa pembangkit listrik, salah satunya adalah PLTU Celukan Bawang milik PT General Energy Bali (GEB).

SOP Pembuangan Limbah B3 PT GEB

PT GEB tidak menyalahi prosedur dalam pembuangan limbah batubara. Pasalnya, mereka telah bekerja sama dengan perusahaan pengolahan limbah bahan batubara dan beracun (B3) yakni PT Tenang Jaya Sejahtera (TJS).

Berikut SOP pembuangan limbah PT GEB:

  1. PT GEB bekerja sama dengan perusahaan pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yakni PT Tenang Jaya Sejahtera (TJS) untuk mengolah limbah batubara berupa fly ash dan bottom ash.
  2. PT TJS mengangkut fly ash dan bottom ash dengan truk kapsul setiap enam bulan sekali.
  3. Penggunaan truk kapsul bertujuan untuk meminimalisir kontaminasi lingkungan
  4. Oleh PT TJS, fly ash dan bottom ash di olah menjadi produk yang ramah lingkungan dan bernilai ekonomis seperti paving blok, batako, bahan campuran semen dan lain sebagainya.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, India Tiongkok, dan Jepang, fly ash dan bottom ash diolah menjadi bahan pembuatan jalan, jembatan, paving blok, semen dan lain sebagainya.

Pengolahan limbah fly ash dan bottom ash dapat menjadi peluang binis yang potensial, mengingat banyak pabrik yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar.

Baca juga: Pengusaha Tjandra Limanjaya Supply Chain Management

Tak hanya itu, hasil pengujian menyebutkan, paving blok dan batako yang terbuat dari fly ash dan bottom ash batubara memiliki kualitas yang baik. Tak heran jika produk-produk olahan tersebut banyak digunakan sebagai material kontruksi.

Di sisi lain, Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup memerintahkan industri untuk mengelola limbah hasil produksi secara tepat guna untuk menghindari kerugian masyarakat akibat salah kelola atas limbah tersebut.

Bisa dibilang, PT GEB telah beroperasi secara maksimal dan profesional. Mereka tidak hanya sekedar berjalan, namun segala hal yang dilakukan PT GEB telah dipikirkan dengan matang. Termasuk dalam hal pengolahan limbah produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *