Objek Wisata Jatiluwih Pemandangan Sawah Terasering Di Tabanan Bali

Objek Wisata Jatiluwih Pemandangan Sawah Terasering Di Tabanan Bali

Sebagai Desa Wisata dan Investasi Pariwisata Rice Terrace berlokasi di Desa Jatiluwih Tabanan Bali Indonesia, terletak di daerah Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada pada ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut, merupakan daerah yang berdekatan dengan Gunung Batu Karu.

Sebagian besar daerahnya merupakan kawasan persawahan yang ditata bertingkat atau berundak, dan Bali sangat dikenal dengan sawah terasering. Luasnya sekitar 636 hektar sawah berbentuk terasering, jadi daerah ini menjadi kawasan terbesar untuk pemandangan sawah terasering di Bali. Sistem pengairan sawah yang digunakan adalah pengairan Subak, yaitu sistem irigasi tradisional Bali yang berbasis masyarakat. Subak ini memiliki pura yang dibangun untuk memuja dewi kemakmuran atau dewi kesuburan.

Selain pemandangan sawah berteras, anda juga dapat menikmati pemandangan sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Suasana pedesaan benar-benar alami dan damai, dapat anda rasakan di objek wisata Jatiluwih Bali. Anda dapat menggunakan sepeda, atau menyewa mobil Volkswagen untuk berkeliling di areal persawahan desa Jatiluwih Penebel Tabanan. Hampir setiap hari desa Jatiluwih Penebel Tabanan ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan suasana alam pedesaan dengan ciri khas sawah terasering, benar – benar menarik perhatian para wisatawan.

Puas menikmati panorama persawahan, jangan lupa singgah di salah satu restoran untuk makan siang. Pengunjung dapat menikmati makanan sepuasnya, karena restoran ini menyediakan makanan secara buffet.

Sebagai Investasi Pariwisata di Bali, Pemkab Tabanan memberdayakan desa dalam melalui pemberian bantuan permodalan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dia menjelaskan bahwa subsidi yang diberikan kepada tiap BUMDes mencapai Rp 200 juta yang diambil dari APBD. Menurutnya, keberadaan desa wisata merupakan salah satu bentuk program investasi hati sebagaimana tertuang dalam buku yang ditulisnya itu. Investasi hati yang dimaksud adalah sebuah konsep pelayanan kepada masyarakat dengan ketulusan melalui kebijakan-kebijakan yang pro rakyat.

Fasilitas Rice Terrace sudah sangat baik. Obyek wisata JatiLuwih telah dilengkapi dengan fasilitas tempat Parkir, Toilet, Bale Bengong, Wantilan untuk tempat istirahat, sementara untuk wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam Jati Luwih. Di sekitar obyek telah dibangun beberapa Restourant dalam rangka penyiapan jasa pelayanan makan dan minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *