Investasi Pariwisata Kurang Diminati, Ini Alasannya!

Investasi Pariwisata Kurang Diminati, Ini Alasannya!

Indonesia memiliki peluang investasi yang cukup besar di bidang pariwisata. Namun hal ini tidak sebanding dengan jumlah investor lokal yang bergerak di bidang pariwisata. Padahal wilayah Indonesia seperti Bali dan Lombok sangat cocok untuk investasi Pariwisata. Ini karena jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya terus meningkat.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, rendahnya investor lokal yang bergerak di bidang pariwisata karena mereka masih terpaku pada margin keuntungan yang didapat. Umumnya margin yang didapat oleh investor di sektor pariwisata adalah sekitar 10 persen dari jumlah modal yang ditanam.

Selain net profit margin yang diperoleh cukup kecil untuk mencapainya juga terbilang lama. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka investor lokal harus berani untuk investasi di bidang lain. Tidak hanya fokus di bidang pariwisata tapi di sektor pendukung lainnya.

Beberapa investasi yang dapat digabungkan adalah investasi di bidang properti. Jika investor lebih jeli maka dapat mencoba investasi dengan membeli tanah di sekitar objek wisata. Selama ini bisnis pariwisata tidak lepas dari adanya hotel. Sehingga jika memiliki tanah disejumlah objek wisata pendapatan akan mudah diperoleh.

Berbeda jika investor membangun  hotel maka margin yang diperoleh cukup kecil dan membutuhkan waktu lama.

Hal ini seperti pembangunan MRT dan LRT di Jakarta. Untuk mendapatkan keuntungan besar dari proyek tersebut maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjual papan iklan di sepanjang jalur yang dilalui. Dari iklan tersebut pendapatan yang masuk dapat mencapai triliunan sehingga pengusaha dapat balik modal dengan cepat.

Menurut Arief Yahya untuk menjadi pengusaha yang sukses, yang dibutuhkan saat ini adalah kreatifitas. Itulah yang dilakukan para investor dari luar negeri. Mereka lebih jeli dalam melihat peluang bisnis yang ada. Indonesia memiliki banyak tempat wisata menarik dengan pemandangan alam yang menakjubkan sehingga sangat cocok untuk mendapatkan keuntungan dari investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *