Bali Targetkan Kenaikan Kunjungan Wisatawan Asing Saat Asian Games

Bali Targetkan Kenaikan Kunjungan Wisatawan Asing Saat Asian Games

Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi Internasional yaitu Asian Games 2018. Diiukuti oleh 45 negara dari seluruh Asia dan berlokasi di Jakarta dan Palembang, Asian Games akan dimulai pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018.

Selain konsen dengan gelaran Asian Games, hal lain yang layak untuk menjadi sorotan adalah gelaran internasional ini mampu membawa dampak baik bagi pariwisata Indonesia tak terkecuali kunjungan wisatawan asing ke Pulau Bali.

Kadis Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha, saat menghadiri kirab obor Asian Games di Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Senin (23/7), mengatakan penyelenggaraan Asian Games ini tentu memiliki pengaruh untuk kunjungan wisman ke Bali. Sebab kunjungan wisatawan sejak terakhir kali erupsi Gunung Agung hingga kini mengalami peningkatan yang luar biasa. Sebelum erupsi 15.000 wisman per hari. Kini rata-rata 19.000 wisman per hari.

“Saya pikir untuk Asian Games ini akan ada peningkatan kunjungan wisman. Dalam kirab (obor) di Bali, beberapa objek wisata andalan disinggahi. Misalnya Pantai Kuta, Tanah Lot, Tampaksiring, Subak Sembung, dan lainnya,” tuturnya.

Saat penyelenggaraan Asian Games ini dia menargetkan kunjungan wisman naik 5 persen. Target 5 persen karena kegiatannya digelar di luar Bali. Meski demikian dirinya optimistis Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia juga akan memberi dampak positif terhadap pariwisata Bali.

“Promosi Asian Games ini sudah dilakukan sejak Januari. Saat ini kunjungan tiga besar terbanyak China, Australia, dan India,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan Asian Games ini adalah langkah konkret menuju Indonesia emas. Dirinya berharap dengan penyelenggaraqn event besar ini para wisatawan terutama para atlet dan kontingen bisa berwisata ke beberapa tempat wisata di Indonesia termasuk Bali.

“Dengan mereka (atlet) menyempatkan waktu berwisata satu atau dua hari, akan meningkatkan sumber pajak hotel dan restoran,” tuturnya.

Mudah-mudahan Asian Games 2018 ini  benar-benar akan membawa nilai positif bagi olahraga Indonesia dan juga untuk pariwisata Indonesia khususnya Bali dan destinasi pariwisata di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *