5 Destinasi Wisata Halal Indonesia Sukses Gaet Wisatawan Asing

5 Destinasi Wisata Halal Indonesia Sukses Gaet Wisatawan Asing

Indonesia masuk peringkat ke-dua Negara destinasi wisata halal populer di dunia versi Mastercard-CrescentRating dalam studi Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2018. Perkembangan wisata halal Indonesia memang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan dan mulai dilirik oleh wisatawan asing.

Melihat kondisi ini Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut bahwa pihaknya terus mendorong beberapa destinasi di Indonesia yang memang konsen di wisata halal untuk mengembangkan potensi pariwisata mulai dari pembenahan destinasi itu sendiri dan pengenalan kepada masyarakat luas.

Nah sampai saat ini ada 10 Destinasi Wisata Halal Indonesia yang terbukti mampu menyumbang kunjungan wisatawan asing, berikut ini adalah 10 Destinasi Wisata Halal Indonesia.

  1. Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu daerah terbaik untuk masalah wisata halal Indonesia. Menyandang penghargaan World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon 2015 serta pemenang Wisata Halal Indonesia 2016.  Pulau ini juga berhasil meraih penghargaan Pariwisata Halal Terbaik Indonesia tahun 2016.

Deretan penghargaan baik dari dalam negeri maupun internasional menjadikan pulau seribu masjid ini menjadi destinasi favorit wisata halal Indonesia.

  1. Aceh

Sebagai daerah istimewa yang menganut hukum islam Aceh memang saat ini terus berupaya masuk menjadi salah satu destinasi wisata halal Indonesia.

Pemerintah Aceh terus membenahi beberapa sektor destinasi dan menyelenggarakan program wisata halal di beberapapa sektor sertifikasi wisata halal dan tidak lupa untuk menjalin kerjasama dengan organisasi negara-negara Islam (OKI) dan Islamic Develovment Bank (IDB.) Aceh menawarkan diri menjadi tuan rumah pada pertemuan-pertemuan internasional

  1. Jawa Barat

Jawa Barat merupakan daerah dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di Indonesia. Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengembangkan Konsep Wisata Halal di beberapa tempat wisata andalan Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Grand Canyon, Kawah Putih, Taman Safari Indonesia, Masjid Kubah Emas, Ciater, Wisata Lembang dan lain-lain.

Untuk Destinasi Wisata Islami Di Jawa Barat, Pemerintah provinsi sedang mempersiapkan pembangunan replika Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi dan Masjid Terapung di Gedebage, Bandung.

  1. Yogyakarta

Wisata halal memang mulai diburu oleh wisatawan muslim dan muslimah di Indonesia bahkan internasional. Yogyakarta sebagai derah wisata budaya dan culture memang sampai saat ini belum begitu banyak destinasi wisata halal.

Namun melihat potensi dan perkembangan wisata halal yang terus tumbuh pesat, Yogyakarta sudah mulai konsen dalam hal ini. Salah satu nya adalah menggelar beberapa kegiatan halal food festival dan menjalin kerjasama dengan beberapa industri pariwisata memberikan label syariah seperti hotel syariah dan kuliner syariah.

  1. Kepulauan Riau (Batam)

Pemerintah Batam, Provinsi Kepulauan Riau menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dengan tema Wisata Halal karena Kota Batam yang mayoritas penduduknya muslim. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan pemerintah Batam untuk mendorong pelaku usaha Wisata Kuliner agar mendaftarkan sertifikasi halal pada produk usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *